About Plastik..

Sekarang ini isu Global Warming makin merebak:konslet:.. Nah,di tengah kesibukan kita masing-masing, ada suatu organisasi Independent yang Sangat peduli dengan keselamatan Bumi kita ini..salah satunya yaitu Greenpeace..Di sini aku cuma pengin sharing ma sobat2 skalian. Beberapa waktu yg lalu Booklet pertamaku dari Greenpeace dikirim..Ternyata banyak hal yang gak kita (aku yang pasti..hihihi:sinchan) ketahui..Nih ku kasih resume-nya..


Resume pertamaku ini tentang Plastik..Ya,plastik adalah benda yang sangat akrab dengan kehidupan kita sehari-hari.Plastik bisa jadi benda yang sangat User Friendly, mudah didapatkan, mudah dibawa, dan mudah dipakai(multi fungsi)..:gatau:
Tapi di sisi lain,Plastik sangatlah tidak bersahabat terhadap Bumi!! berikut ini fakta tentang Plastik yang harus kita ketahui:
- Plastik dibuat dari Minyak Bumi, yang mana merupakan Sumber Daya Alam yang tidak terbarukan dalam proses pembuatan, ekstrasi(apa artinya apa sih??hehe..), dan pembuangannya. Nah Loe..Padahal minyak bumi gak cuma sebagai bahan baku Plastik aja loh...Jadi bisa dibayangkan,brapa lama lagi kita gak menemukan lagi yg namanya Plastik..
- Bahannya sangat ringan sehingga Plastik sangat mudah diterbangkan oleh angin. Oleh Karena itu, sampah Plastik termasuk sampah yang mudah berpindah.
- Timbunan sampah saat ini sebagian besar berbahan dasar dari Plastik. Tambah puyenk kan? Hampir tidak bisa dipisahkan dari Plastik nih..
- Plastik tidak bisa diuraikan, walopun plastik bisa menjadi serpihan, tapi tetep aja gak bisa ilang..
- Turut menjadi penyumbang kerusakan laut kita. 90% sampah di laut adalah Plastik, itu berarti setiap 1 Km persegi ada 120.000 serpihan plastik yang mengambang di laut. Jorok banget ya..
- Membunuh lebih dari 100.000 hewan laut karena dianggap makanan oleh mereka.
- Kebanyakan plastik 'alternatif' (yang oleh pasar dikatakan sebagai pengganti ajaib dari dunia paska minyak bumi) dibuat dari jagung hasil ekayasa genetik.
:damn:
padahal kita sendiri amat sangat sering menggunakan benda berbahan dasar Plastik,bukan?
Pertanyaan yang pasti muncul setelah baca tulisan di atas adalah: "trus gimana donk?kan kita sudah terlanjur mengenal Plastik di kehidupan ini..!!?

Nah,ada beberapa solusi dari Greenpeace..mari kita cermati bersama,sob..

- Mulailah membawa kantong belanja sendiri ketika berbelanja, cangkir sendiri ketika mau beli minuman( mungkin maksudnya kalo beli minuman yang mau dibungkus plastik kale y??hihihi..) di kafe dan bawa tempat makan sendiri kalo mau bawa makanan dari warung/restoran.
- Kalo air di rumah sobat aman untuk diminum, kurangi membeli air minum dari luar.

Ya mungkin itulah segelintir solusi untuk kehidupan kita sehari2..Mau yang lebih lagii?? Nih ada lagi..

- Minta kepada pengusaha retail dan pabrik untuk bertanggung jawab untuk bekas tempat produknya, seperti botol atau tube lipstik..
- Pertimbangkan untuk membuka kemasan plastik di toko, mintalah kepada manager toko( dengan sopan tentunya ) membukanya untuk anda..
- Tulis surat kepada para wakil rakyat dan pejabat publik tentang bahaya yang ditimbulkan dari kantong plastik.
- Berpartisipasi dalam program bersih-bersih di lingkungan kamu atau pantai sekitarmu..

Masa depan generasi yang akan datang berada di tangan kita. Jadilah Solusi dan mulai katakan "TIDAK untuk PLASTIK"!!:tendang:

1 comment:

  1. Bagus juga tuh buat anak cucu kita.

    http://direktoriptc.blogspot.com/

    ReplyDelete