Baru Mulai Belajar Filanesia

Sepakbola di Indonesia sudah cukup tua. Saya sendiri heran, begitu banyak talenta dahsyat dari Indonesia tapi kok minim prestasi? Passtinya bukan cuma saya aja ya? Nah, sejak beberapa tahun belakangan ini, PSSI mulai berbenah dan sepertinya benar-benar mencari solusi untuk prestasi. Studi banding ke Negara-negara berprestasi dalam hal sepakbola pastinya dilakukan. Mulai dengan mendatangkan pelatih sekelas Luis Milla, kemudian belajar langsung ke Jerman, dan masih banyak lagi. Tapi, kok belum ada prestasi??
Yaaaaa..PASTI belum ada lah, proses nya sangat panjang.
Sepakbola Indonesia Berprestasi, itu memerlukan andil dari banyak pihak. Tidak hanya PSSI saja, Pemerintah, Klub, Pemain dan keluarganya, Supporter dan yang pasti Allah S.W.T.

Di atas saya sengaja memunculkan logo FILANESIA, ini berkaitan dengan tulisan saya setelah ini..hihi..yah semacam Teaser atau Trailer kalo di dunia perfilm-an.
Yap, FILANESIA atau lengkapnya Filosofi Sepakbola Indonesia. Apa itu? Sobat pecinta sepakbola sebenarnya dengan mudah mencari artinya. Tapi, saya juga akan memberikan pendapat sesuai ke-sotoy-an saya..hihi..

FILANESIA ini adalah sebuah sebuah gambaran permainan Sepakbola Indonesia di era modern ini. Untuk saat ini, gambaran mudahnya kita lihat Timnas U-19 asuhan Coach Indra Sjafri dan Timnas U-16 asuhan Coach Fakhri Husaini. Yaitu cara bermain yang dipilih atau disepakati bersama oleh para pelatih Senior untuk membawa Sepakbola ke tingkat yang lebih baik.

Filosofi bukan sekedar filosofi, tetapi dirumuskan sedemikian rupa menjadi sebuah KURIKULUM Pembinaan sepakbola Indonesia, khususnya mulai anak umur 6 Tahun. Kurikulum tersebut sebenarnya bisa kita dapatkan (beli yaa..bukan ngrampok..) di toko buku di kota2 besar. Tapi jujur saja, saya belum pernah beli..hehe..duitnya habis untuk ikut kursusnya..

Nah, dimulai dari tulisan ini, saya mau coba berbagi sekaligus saya juga belajar FILANESIA ini. Jadi mohon masukan dan komentarnya ya bila berkenan. Biar bisa jadi diskusi yang menarik dan membangun per-sepakbolaan Indonesia. Semangat Menolak Menyerah!!

0 komentar: